Wednesday 15 April 2015

Tips Menjadi Pengurus Grup di Facebook

Anda sebagai pengurus grup harus sering online untuk memantau kiriman, menambahkan anggota baru dan menghapus kiriman promosi atau spam.

Grup Facebook
Grup Facebook merupakan tempat diskusi secara online yang anggotanya pengguna facebook. Topik diskusi mengarah ke nama atau deskripsi grup. Misalnya, nama grup 'belajar java' maka topik yang dibahas seputar belajar pemrograman java.

Untuk bisa mengirim atau menjawab pertanyaan, pengirim terlebih dahulu meminta bergabung dengan grup bersangkutan. Pengurus atau admin grup kemudian menkonfirmasinya.  Berbeda dengan anggota biasa, admin grup bisa langsung menambahkan temannya ke dalam grup tanpa terlebih dahulu temannya meminta bergabung.

Pengurus grup
Berkembang atau tidaknya grup sangat bergantung pada para pengurus grup. Masalah utama pada grup di facebook adalahnya banyaknya kiriman promosi, iklan, spam yang mengganggu anggota grup. Syarat pengurus grup yaitu setidaknya satu kali dalam sehari harus memantau grup. Untuk lebih jelasnya, ikuti tips-tips berikut:

1. Setiap hari online
Ini adalah syarat utama, Anda setiap hari memantau grup. Anda harus selalu terhubung dengan jaringan internet. Anggota yang telah meminta bergabung harus segera dikonfirmasi, begitu juga dengan kiriman yang melanggar aturan grup harus segera dihapus.

2. Sampaikan statistik grup
Sampaikan perkembangan grup kepada para anggota dengan memberikan informasi statistik grup, termasuk di dalamnya jumlah anggota saat ini, jumlah rata-rata permintaan anggota baru setiap hari, target anggota baru yang diusahakan bergabung satu bulan ke depan. Informasi-informasi ini meyakinkan para anggota bahwa Anda punya keinginan besar mengembangkan grup.

3. Berikan arahan
Anda sebagai pengurus adalah sebagai pemimpin yang mengarahkan anggotanya untuk mematuhi aturan yang Anda tetapkan. Aturan-aturan tersebut contohya melarang anggota membuat kiriman yang merendahkan orang lain, rasis, kiriman sensitif dan lainnya. Anda juga mengarahkan bagaimana anggota menanggapi kiriman promosi atau iklan. Contohnya anggota melapor dengan menyebut Anda di komentar kiriman.

Arahan lain yaitu menjelaskan tata cara bertanya yang baik. Sampaikan dengan kata-kata bijak dan mudah dimengerti, sebelum dikirim ke grup, baca ulang arahan Anda untuk memastikan kata-kata yang dipilih sudah tepat.

1 comment: